Powered by Blogger.

Analisamu Sungguh Tajam dan Bermanfaat !! Belajarlah dari hal yang sederhana

Siswa SMK Kesehatan NW Teros  Tertanggal 24 November 2019 Siswa SMK Kesehatan NW Teros menggelar Praktik Kerja lapangan di dusun bagik l...

Search This Blog

Pages

Pages - Top Menu

Pages

Blogroll

https://elhakimfamily.blogspot.com

Pages - Menu

About

Popular Posts

Tuesday, 31 December 2019

berbicara media pembelajaran TTS kakak-Nya Puzzel


Pengertian media . Dalam buku Prof.Sri Anitah, M.Pd. tahun 2010 beberapa ahli yang berpendapat tentang pengertian media diantaranya Menurut Webster Dictonary (1960) media atau medium adalah segala sesuatu yang terletak di tengah dalam bentuk jenjang , atau alat apa saja yang digunakan sebagai perantara atau penghubung dua pihak atau dua hal . Menurut Association for Educational Communications and Technology (AECT, 1977) , mendefinisikan media sebagai segala bentuk yang digunakan untuk menyalurkan informasi . Berbeda dengan pendapat Briggs (1977) yang mengatakan bahwa media pada hekekatnya adalah peralatan fisik untuk membawakan atau menyempurnakan isi pembelajaran . Termasuk di dalamnya , buku , vidiotape, slide suara, suara guru atau salah satu komponen dari suatu sistem penyampaian. Di dalam tercakup segala peralatan fisik pada komunikasi seperti buku, slide, buku ajar, tape recorder. Gerlach dan Ely (1980) menjelaskan pula bahwa media adalah grafik, fotografi, elektronik , atau alat-alat mekanik untuk menyajikan , memproses , dan menjelaskan informasi lisan atau visual . Smaldino, dkk (2008) mengatakan bahwa media adalah suatu alat komunikasi dan sumber informasi . Berasal dari bahasa Latin yang berarti “antara” menunjuk pada segala sesuatu yang membawa informasi antara sumber dan penerima pesan

Dalam buku Media Pengajaran pengarang Dr. Nana Sudjana dan Drs. Ahmad Rivai (2010) menerangkan bahwa media pengajaran mempunyai kedudukan sebagai alat bantu mengajar ada dalam komponen metodologi, sebagai salah satu lingkungan belajar yang diatur oleh guru. Dari uraian di atas dapat saya simpulkan bahwa media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat mengantarkan pesan pembelajaran antara pengajar dan pebelajar agar pebelajar dapat menerima atau menangkap suatu pesan tersebut dengan mudah sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Pada hakikatnya bukan media pembelajaran itu sendiri yang  menentukan hasil  belajar. Ternyata keberhasilan menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar tergantung pada (1) isi pesan, (2) cara menjelaskan pesan, dan (3) karakteristik penerima pesan. Dengan demikian dalam memilih dan menggunakan media, perlu diperhatikan  ketiga faktor tersebut. Apabila ketiga faktor tersebut mampu disampaikan dalam media pembelajaran tentunya akan memberikan hasil yang maksimal.

Setelah TTS ini begitu digemari, para pegiat buku TTS mulai berkreasi menciptakan teka-teki gambar dan kemudian dikenal dengan nama puzzle. Selain untuk hiburan, fungsi teka-teki gambar atau puzzle lebih diarahkan kepada fungsi edukasi, yakni untuk menstimulasi otak anak-anak. Baik TTS maupun teka-teki gambar/puzzle hingga saat ini masih sangat populer dan digemari




Abdul Azizul Hakim

0 comments:

Post a Comment