Powered by Blogger.

Analisamu Sungguh Tajam dan Bermanfaat !! Belajarlah dari hal yang sederhana

Siswa SMK Kesehatan NW Teros  Tertanggal 24 November 2019 Siswa SMK Kesehatan NW Teros menggelar Praktik Kerja lapangan di dusun bagik l...

Search This Blog

Pages

Pages - Top Menu

Pages

Blogroll

https://elhakimfamily.blogspot.com

Pages - Menu

About

Popular Posts

Thursday, 2 January 2020

FENOMENA MENCONTEK DALAM KEGIATAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH




Jika diamati dengan seksama, fenomena mencontek bukan semata-mata karena faktor ‘kebodohan’, melainkan pengaruh dari sosialisasi yang diberikan masyarakat kepadanya. Menarik ketika kita dapat memahami bagaimana pendidikan yang seharusnya dilakukan. Menurut Ki Hajar Dewantara, mendidik berarti menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak agar mereka sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya (Munib, 2012: 29). Berdasar pada pengertian tersebut, dapat diasumsikan bahwa anak harus memperoleh sosialisasi yang tepat dimana mencakup segala sisi kehidupan. Zanden (1986: 60) mengartikan sosialisasi sebagai suatu proses interaksi sosial dimana individu memperoleh pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku esensial untuk keikutsertaan yang efektif dalam masyarakat. Sosialisasi yang tepat dalam hal ini terletak pada sikap, nilai yang sangat erat dengan masyarakat dimana ia berada. Dekonstruksi terhadap makna mencontek oleh masyarakat –baik masyarakat sekolah maupun masyarakat tempat tinggalnya– pun seyogyanya dilakukan mulai dari sekarang.
Persepsi mengenai mencontek memang sebagian besar adalah negatif mengingat dampak yang ditimbulkannya. Namun demikian, suatu perbuatan tidak dapat dinilai hanya dari suatu sudut pandang hingga menghasilkan kesimpulan yang sepenuhnya positif atau negatif. Menurut  saya mencontek dikalangan pelajar di zaman milenial ini sebagai kegiatan hal biasa dan hal demikian sebenarnya bersifat relatif, dapat berubah, dan tidak stagnan. Sehingga dapat dikaji kembali mengenai bagaimana mencontek sebagai sebuah persoalan abadi yang ada di sekolah
Persoalan mencontek di sekolah memang tidak terlepas dari persoalan nilai. Persoalan yang demikian tidak dapat hanya diselesaikan dengan satu disiplin ilmu, melainkan membutuhkan kajian mendalam dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan. Pola-pola mencontek seperti bentuk jawaban yang masih belum tergambarkan, kurangnya rasa percaya diri terhadap jawaban, dan rasa ingin tahu keragaman jawaban yang telah dipaparkan sebelumnya dirasa masih sangat minim untuk dapat menyelesaikan kompleksitas persoalan yang terdapat didalamnya. Aspek budaya dan mengadopsi cara lama dari tahun ke tahun dalm mencontek pun sangat berpengaruh terhadap perilaku-perilaku yang dianggap dapat diwariskan kepada angkatan belajar selanjutnya maupun diperbaiki sedikit demiki sedikit secara konsisten.

1 comment:

  1. mantap itu terjadi zan dulu dan zaman sekarang hhaaaaaaa

    ReplyDelete